Kegiatan Mengajar di TK Anggrek dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach for Indonesia (Pertemuan Kelima)

Binus University Logo-crop-side

Kelas               : LB52 (Kelompok 2)
Dosen             : Rina Patriana Chairiyani, S.S., M.Pd
Kode Dosen    : D1812
Waktu              : Selasa, 12 April 2016
Pukul               : 08.30 – 10.30 (120 menit)
Lokasi              : Jalan Anggrek Rosliana II Blok H
PIC                  : Ibu Dewi

Tim yang Hadir :
Ketua                    : Arvina Swarnadwitya (1901459415)
Anggota               :
Hans Sebastian Goethe (1901460096)
Lisda Melisa (1901492570)
Magfira Intan Salsabil (1901528204)
Muhammad Faqih Naufal (1901521993)

sudah diedit

Topik yang dibahas di mata Kuliah Character Building adalah “Kemanusiaan yang Berkeadilan dan Berkeadaban”. Pancasila memiliki 4 pokok penting, salah satunya adalah Kemanusiaan. Ini juga ditekankan dalam Sila ke – 2. Pancasila mengakui dimensi kemanusiaan sebagai hal penting yang dianggap pantas dijaga, dilindungi dan ditempatkan sebagai hal pokok di dalam kehidupan orang Indonesia.

Manusia wajib mengamalkan Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Bagaimana caranya? Yakni dengan hidup berkemanusiaan yang,

  1. Bukan Materialisme
    Tidak menganggap manusia sama dengan objek-objek tertentu
  1. Bukan Pragmatisme
    Tidak memanfaatkan dan menggunakan manusia untuk kepentingan tertentu
  1. Bukan Spiritualisme
    Tidak menganggap manusia hanya sebagai roh

Selasa, 12 April 2015 merupakan hari terakhir kami mengajar di TK Anggrek. Maka dari itu, kami memutuskan untuk memberikan snack kepada siswa-siswi. Kami berkumpul lebih awal dari biasanya, yaitu pukul 07.00 WIB untuk membungkus snack yang telah kami beli sehari sebelumnya. Selesai membungkus snack, kami langsung berangkat menuju TK Anggrak dengan Grabcar. Selama perjalanan, di dalam mobil kami merasakan sesuatu yang aneh, berbeda dari sebelumnya. Apa penyebabnya? Ternyata mobil terasa sangat sempit, karena barang-barang yang kami bawa untuk anak-anak yang lumayan banyak.

Sesampainya di TK Anggrek, siswa-siswi sedang belajar di dalam kelas dan tidak menyadari kedatangan kami. Setelah menaruh barang-barang, kami bersiap untuk mengajar. Tema pembelajaran kali ini adalah “Mengenal Air, Udara, dan Api”. Bahan-bahan yang harus kami persiapkan hanya kertas dengan gambar kue ulang tahun lengkap dengan lilin sebanyak 14 lembar.

Metode pengajaran yang kami terapkan di pertemuan kali ini adalah metode demonstrasi dan metode pemberian tugas. Naufal yang bertugas mengajar di depan kelas dan yang lainnya membantu siswa dalam mengerjakan tugas. Pada pertemuan kali ini, kami merasa siswa-siswi semakin berkembang menjadi lebih dewasa, terbukti dengan sikap tenang yang mereka tunjukkan saat Naufal menjelaskan tentang materi hari ini. Setelah menjelaskan secara garis besar mengenai air, udara, dan api, siswa-siswi mengerjakan tugas yang telah kami persiapkan, yaitu mewarnai kue ulang tahun dan menulis kata “Kue Ulang Tahun”.

Naufal mengajar di depan kelas

Naufal mengajar di depan kelas

Hans dan Arvina mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas

Hans dan Arvina mendampingi siswa
dalam mengerjakan tugas

Lisda mendampingi anak dalam mengerjakan tugas

Lisda mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas

Naufal mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas

Naufal mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas

Intan mendampingi siswa dalam meengerjakan tugas

Intan mendampingi siswa dalam meengerjakan tugas

Pembelajaran kali berlangsung lebih cepat dari biasanya, sehingga siswa-siswi memiliki waktu lebih untuk bermain di taman. Kami pun tak melewatkan kesempatan ini, kami ikut bermain dengan siswa-siswi, dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Mereka begitu gembira bermain bersama kawan-kawan dan juga bersama kami, Kakak-kakak pembimbing.

Naufal, Intan, dan Hans bermain dan berfoto bersama siswa

Naufal, Intan, dan Hans bermain dan berfoto bersama siswa

Seusai bermain. Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. Siswa-siswi kembali ke kelas, kesempatan ini kami gunakan untuk mengucapkan salam perpisahan dengan siswa-siswi. Satu per satu dari kami memberikan sepatah dua patah kata kepada siswa-siswi sebagai ucapan terima kasih. Setelah itu, kami membagikan snack yang telah kami persiapkan sebelumnya kepada siswa dan diakhiri dengan foto bersama.

Kegiatan mengajar kali ini menurut kami lebih santai dibandingkan dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Siswa-siswi dapat dengan tenang mengerjakan tugasnya masing-masing, dan yang terpenting mereka semua mengerjakan tugas dengan senang hati dan memberikan hasil yang cukup baik. Setiap anggota melaksanakan tugasnya dengan baik, terbukti dengan tidak ada masalah yang muncul selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Form Evaluasi :

day 5.1day 5.2

Hasil Kegiatan:

  1. Siswa-siswi mulai bisa mendengarkan orang lain dengan baik
  2. Kemampuan mewarnai siswa-siswi semakin baik
  3. Kemampuan menulis siswa-siswi semakin berkembang menjadi lebih baik

Kegiatan belajar mengajar kali ini berlangsung 1,5 jam dari pukul 08.30-10.00. Pertemuan kali ini merupakan pertemuan yang paling menyenangkan, karena kami memiliki waktu yang lebih untuk bermain bersama siswa-siswi. Dari kegiatan kali ini kami belajar bahwa meskipun masih kecil, mereka bisa bermain secara tertib, dan saling menjaga satu sama lain. Meskipun kadang ada beberapa dari mereka yang ceroboh dalam bermain, tapi mereka mendengarkan teguran dari kami dan ibu guru dan tidak mengulangi kecerobohan itu lagi.

Terima Kasih
Salam hangat Kelompok 2, LB 52

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s