Kegiatan Mengajar di TK Anggrek dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach for Indonesia (Pertemuan Kedua)

logo-binus-tfi

Kelas               : LB52 (Kelompok 2)
Dosen             : Rina Patriana Chairiyani, S.S., M.Pd
Kode Dosen   : D1812
Waktu              : Selasa, 22 Maret 2016
Pukul                : 08.30 – 10.30 (120 menit)
Lokasi              : Jalan Anggrek Rosliana II Blok H
PIC                   : Ibu Dewi

Tim yang Hadir :
Ketua                    : Arvina Swarnadwitya (1901459415)
Anggota               :
Hans Sebastian Goethe (1901460096)
Lisda Melisa (1901492570)
Magfira Intan Salsabil (1901528204)
Muhammad Faqih Naufal (1901521993)

sudah diedit

 

Topik yang dibahas di Pertemuan ketiga ialah “Pancasila as the Ethical Basic in Developing Science and Technology”.

Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) telah banyak mendominasi kehidupan manusia, termasuk interaksinya dengan alam sekitar dan sesamanya. Kemajuan IPTEK banyak dijadikan sebagai tolak ukur utama untuk menilai maju-tidaknya peradaban umat manusia di berbagai belahan dunia. Dari kenyataan yang terjadi hingga sekarang ini, semakin disadari bahwa kemajuan yang semakin pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, selain membawa manfaat besar bagi kehidupan, tapi juga membawa masalah – masalah etis yang serius.

Bangsa Indonesia juga tidak luput dari dampak persoalan IPTEK. Mulai dari penyalahgunaan komputer, malpraktek, eksploitasi terhadap dunia ketiga, dan ancaman IPTEK terhadap budaya.  Lalu bagaimana bangsa Indonesia bisa mengatasi dampak – dampak buruk ini. Pancasila bukan hanya sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia, tapi juga sebagai dasar etis pengembangan IPTEK.

Pancasila memiliki lima sila yang masing – masing memiliki nilai yang berbeda. Nilai yang pertama adalah ketuhanan, nilai yang kedua adalah kemanusiaan, nilai yang ketiga adalah persatuan, nilai yang keempat adalah kerakyatan, dan nilai yang kelima adalah keadilan. Nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila ini dapat menjadi sistem etika yang sangat kuat, nilai – nilai yang ada tidak hanya bersifat mendasar, namun juga realistis dan aplikatif. Oleh karena itu, IPTEK perlu didasarkan pada Pancasila. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus senantiasa berorientasi pada nilai-nilai Pancasila, dan sebaliknya Pancasila dituntut terbuka atas kritik, dan menjadi kesatuan dari perkembangan ilmu yang menjadi tuntutan peradaban manusia.

Selasa, 22 Maret 2016 adalah kali kedua kami mengajar di Tk Anggrek. Sebelumya, pada hari Selasa, 15 Maret 2016 sehabis mengajar, kami dan Ibu Dewi berdiskusi sebentar mengenai materi pembelajaran yang harus kami persiapkan di minggu berikutnya. Sama seperti sebelumnya, ada tiga materi pembelajaran yang harus kami persiapkan.

Tema pembelajaran di minggu kedua yaitu “Kegunaan Matahari, Bulan, Bintang, Bumi, dan Langit”. Terdapat tiga materi pembelajaran, antara lain :

  1. Menjahit Bintang
  2. Menulis kata “Bintang”
  3. Memasangkan benda

Adapun, bahan – bahan yang harus kami persiapan, antara lain :

  1. Bintang yang terbuat dari kertas karton 14 buah
  2. Tali rafia
  3. Latihan untuk menulis kata “Bintang” 14 lembar
  4. Latihan untuk memasangkan benda 14 lembar

Pukul 08.00 WIB kami berkumpul di Kampus Binus Syahdan. Perjalanan menuju ke TK Anggrek kali ini hanya membutuhkan waktu 25 menit. Sesampainya di TK Anggrek, ternyata kegiatan belajar mengajar telah berlangsung. Kami pun langsung memulai pembelajaran. Sebelum mulai mengajar, kami mencoba mengakrabkan diri dengan siswa – siswi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menanyakan nama kami kembali kepada siswa – siswi. Sayangnya hanya satu siswa diantara mereka yang ingat dengan nama kami. Namanya ialah Nadhira.

PAUD Day 2_2931

Nadhira, salah satu siswi TK Anggrek

Pukul 08.30 WIB kami memulai kegiatan belajar mengajar. Pada kesempatan kali, Intan yang bertugas sebagai pengajar di depan kelas. Sedangkan yang lainnya mendampingi siswa – siswi dalam mengerjakan tugas. Untuk pertemuan kali ini, kami cukup kewalahan dalam mendampingi siswa – siswi. Hal ini disebabkan materi yang kami ajarkan kali ini cukup sulit bagi siswa. Beberapa siswa tidak bisa mengerjakan tugasnya sendiri, sehingga harus kami bimbing satu perrsatu. Metode pengajaran yang kami gunakan sama seperti pertemuan sebelumnya, yaitu metode demontrasi dan metode pemberian tugas.

PAUD Day 2_6869

Intan mengajar di depan kelas

PAUD Day 2_797

Arvina membagikan LK kepada siswa

PAUD Day 2_1385

Lisda dan Naufal membimbing siswa dalam mengerjakan tugas

PAUD Day 2_4710

Intan dan Hans membimbing anak dalam mengerjakan tugas

Untuk pertemuan kali ini, terdapat beberapa kendala yang kami hadapi, salah satunya adalah adanya penyemprotan gas untuk membasmi nyamuk demam berdarah, atau yang biasa kita kenal dengan fogging. Kami kewalahan mengatur siswa – siswi karena mereka berlarian kesan – kemari. Tapi, kami bisa mengatasi hal ini dengan mengajak siswa – siswi untuk kembali ke tempat duduk mereka masing – masing dan kembali mengerjakan tugas yang kami berikan.

FORM EVALUASI

day 2   day 2.1

Hasil Kegiatan :
1. Siswa – siswi TK Anggrek mulai mengenal setiap anggota kelompok kami
2. Kemampuan siswa dalam menulis mulai berkembang

Kegiatan belajar mengajar kali ini berlangsung dari pukul 08.30 – 10.30 WIB. Banyak hal yang kami pelajari dari pertemuan kali ini. Mulai dari tanggung jawab, dimana kami harus mengerjakan tugas yang telah diberikan Ibu Dewi untuk mengajar pada hari ini; kesabaran, dimana kami harus membimbing siswa – siswi yang kesulitan dan malas mengerjakan tugas sampai tugas mereka selesai; dan menghargai, dimana kami harus bisa memaklumi kemampuan mereka yang masih lemah dalam menulis.

Pada pertemuan selanjutnya, kami ingin mengajari siswa – siswi materi pembelajaran yang berhubungan dengan seni. Sehingga dengan adanya variasi dalam pembelajaran, siswa – siswi memiliki kesempatan untuk mempelajar hal baru.

 

Jumlah Peserta : 13 anak

 

Terima Kasih,
Salam hangat dari kelompok 2, kelas LB 52

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s